Menyiapkan pernikahan katanya ribet, ya? Ada waktu, tenaga dan biaya yang harus dikerahkan untuk mewujudkan hari bahagia sekali seumur hidup. Bahkan ada yang menyiapkan dari setahun sebelumnya hingga merogoh kocek fantastis.

Gak kok, persiapan pernikahan gak selalu ribet, lama dan mahal. Kamu yang berencana menikah dalam waktu dekat, IDN Times punya beberapa tips atau cara mempersiapkan pernikahan secara cepat dan ampuh sehingga hari bahagiamu dapat disiapkan dalam waktu enam bulan saja.

1. Gabungkan acara perkenalan keluarga besar dengan lamaran atau tunangan

Di Indonesia yang masih menjunjung tinggi adat ketimuran, pasangan yang mantap menuju jenjang lebih serius harus menggelar acara lamaran terlebih dahulu. Beberapa pasangan menggantinya dengan pertunangan, tapi pada intinya sama saja.

Masih banyak calon pengantin yang memisahkan acara perkenalan keluarga besar dengan lamaran atau tunangan. Padahal untuk menyingkat waktu, kamu bisa melangsungkannya sekaligus.

2. Tentukan tanggal yang gak terlalu jauh dari acara lamaran

Saat menggelar perkenalan keluarga usahakan memilih waktu yang longgar, apalagi jika digabung dengan acara lamaran sekaligus. Manfaatkan momen ini untuk menentukan tanggal pernikahan kalian.

Jangan terlalu dekat atau kejauhan, 4-6 bulan dari momen lamaran rasanya cukup ideal untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Sekalian diskusikan juga konsep awal yang dikehendaki kedua belah pihak.

Kalau konsep awal sudah sepakat, persiapan berikutnya dijamin lebih mudah. Kamu dan pasangan tinggal rutin berkomunikasi, sekaligus menjadi penghubung dengan keluarga masing-masing.

3. Putuskan akan menggunakan wedding organizer atau mengurus sendiri

Oh ya, penting juga untuk didiskusikan di awal apakah kalian sepakat mengurus sendiri atau menyerahkan pada tim wedding organizer. Gak ada salahnya lho kalau kamu dan pasangan ingin menyiapkan sendiri hari bahagia kalian. Merasakan serunya berdiskusi dan menghadapi perbedaan pendapat, bikin interaksi kalian makin intens jelang hari H.

Jika memutuskan untuk mengurus sendiri, pastikan dekorasi dan segala perlengkapan sudah dipesan jauh-jauh hari. Jangan lupa katering, atur jumlah tamu undangan dan sesuaikan dengan banyaknya hidangan yang akan dipesan.

4. Pesan gedung dari jauh-jauh hari, atau gunakan rumah sendiri

Jika menghendaki pesta pernikahan di gedung, kamu harus siap memesannya dari jauh-jauh hari. Apalagi untuk gedung-gedung favorit yang menjadi langganan lokasi pesta pernikahan. Lain halnya kalau menggunakan rumah pribadi, kamu tinggal memesan jasa dekorasi.

×